KOMPONEN DASAR GUI
KOMPONEN
DASAR GUI
GUI(GRAPHICAL USER INTERFACE )
GUI
= Grafical User Interface adalah teknik pemrograman window dengan menggunakan
komponen window sehingga user dapat berinteraksi dengan nyaman dengan window
Seluruh komponen window seperti Menu, Label, Button dll
adalah subclass dari class Component§ Interface
berfungsi sebagai sarana bantu agar user dapat berinteraksi dengan
program
GUI (Graphic User Interface )
- Interface yang digunakan dalam bentuk grafikIstilah
Penting pada GUI
-
Container adalah Wadah untuk meletakkan
komponen-
komponen GUI. Komponen GUI mewarisi kelas JComponent, antara lain:
1. Tombol:
JButton, JCheckBox, JRadioButton, JMenuItem
2. Combo box:
JCombobox
3. List: JList
4. Menu: JMenu,
J MenuItem
5. Label: JLabel
6. Text
Field:JTextField
7. Tabel :
JTabel
Komponen
yang ada pada Graphical User Interface di Matlab
Matlab adalah suatu software yang
digunakan untuk manipulasi matriks, fungsi dan data, implementasi algoritma,
pembuatan antarmuka baik dalam komputasi numerik maupun dalam bahasa
pemrograman. Kalo belum kenal mungkin bisa di baca disini dulu. Pada matlab terdapat antarmuka
yang memudahkan penggunaan komputer berupa ikon grafis, yang ini sering disebut
GUI.
Apa itu GUI? GUI (Graphical User
Interface) adalah interface yang dibangun dengan obyek grafik seperti
tombol, kotak, panel, teks, slider, dan menu agar mudah di pelajari dan
digunakan khalayak orang banyak.
Pada GUI mempunyai kelebihan
tersendiri dibandingkan dengan bahasa pemrogram yang lain antara lain:
- GUIDE Matlab
banyak digunakan dan cocok untuk aplikasi-aplikasi berorientasi sains,
sehingga banyak peneliti dan mahasiswa menggunakan GUIDE Matlab untuk menyelesaikan
riset atau tugas akhirnya.
- GUIDE Matlab
mempunyai fungsi built-in yang siap digunakan dan pemakai tidak perlu
repot membuatnya sendiri.
- Ukuran file,
baik FIG-file maupun M-file, yang dihasilkan relatif kecil.
- Kemampuan
grafisnya cukup andal dan tidak kalah dibandingkan dengan bahasa
pemrograman lainnya.
Jenis-jenis dan Penggunaan GUI
Pada matlab, untuk menjalankan GUI
dengan cara ketik GUIDE pada command.
>>guide [enter]
Kemudian akan muncil tampilan
kotak dialog seperti pada gambar berikut ini
Untuk mempermudah pengerjaan dalam
pembuatan suatu tampilan, pada GUI menyediakan beberapa template yang langsung
dapat digunakan antara lain: Blank GUI, GUI with Uicontrols, GUI with Axes and
Menu, Modal Questions Dialog. Tampilan jenis-jenis GUI bisa dilihat pada gambar
berikut ini:
GUI dengan uicontrol
GUI dengan axes dan menu
GUI dengan dialog
pertanyaan
Pada pilihan Create New GUI
terdapat menu GUIDE templates yang memiliki beberapa tipe dasar dari GUI,
sehingga dapat dilakukan modifikasi pada template agar menjadi GUI seperti yang
diharapkan. Sebagai pemula, digunakan Blank GUI (Default) yang merupakan sebuah
GUI dengan figure kosong dan merupakan kondisi default dari GUIDE dan diplih
jika memang akan membuat sebuah aplikasi dengan komponen yang layout-nya tidak
terdapat pada GUI template yang lain. Setelah memilih Blank GUI templates, maka
akan muncul tampilan Menu Utama. Tampilan menu utama ditunjukkan pada gambar
berikut
Tampilan menu utama pada
GUI matlab dengan mode bank
Komponen Pada GUI
Komponen palet pada GUIDE Matlab
dapat dilihat pada gambar berikut ini
Jenis-jenis komponen yang
digunakan pada GUI
Pushbutton
Pushbutton merupakan jenis kontrol
berupa tombol tekan yang akan menghasilkan tindakan jika diklik, misanya tombol
OK, Cancel, Hitung, Hapus, dan sebagainya. Untuk menampilkan tulisan pada
pushbutton kita dapat mengaturnya melalui property inspector dengan mengklik
obyek pushbutton pada figure, lalu mengklik toolbar property inspector atau
menggunakan klik kanan lalu pilih property inspector.untuk tampilan push button
dapat dilihat pada gambar berikut ini
Tampilan penggunaan push
button pada GUI matlab
Toggle Button
Toggle button memiliki fungsi yang
sama dengan pushbutton. Perbedaanya adalah saat pushbutton ditekan, maka tombol
akan kembali pada posisi semula jika tombol mouse dilepas, sedangkan pada
toggle button, tombol tidak akan kembali ke posisi semula, kecuali kita
menekannya kembali.
Radio Button
Radio button digunakan untuk
memilih atau menandai satu pilihan dari beberapa pilihan yang ada. Misalnya,
sewaktu kita membuat aplikasi operasi Matematika (penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian).
Edit Text dan Static Text
Edit text digunakan untuk
memasukkan atau memodifikasi suatu text yang diinputkan dari keyboard, sedangkan
static text hanya berguna untuk menampilkan text/tulisan, sehingga kita tidak
bisa memodifikasi/mengedit text tersebut kecuali memalui property inspector.
Frames
Frames merupakan kotak tertutup
yang dapat digunakan untuk mengelompokkan kontrol-kontrol yang berhubungan.
Tidak seperti kontrol lainnya, frames tidak memiliki rutin callback.
Checkboxes
Kontrol checkboxes berguna jika
kita menyediakan beberapa pilihan mandiri atau tidak bergantung dengan
pilihan-pilihan lainnya. Contoh aplikasi penggunaan checkboxes adalah ketika
kita diminta untuk memilih hobi. Karena hobi bisa lebih dari satu, maka kita
dapat mengklik checkboxes lebih dari satu kali.
Slider
Slider berguna jika kita
menginginkan inputan nilai tidak menggunakan keyboarad, tatapi hanya dengan
cara menggeser slider secara vertical maupun horizontal ke nilai yang kita
inginkan. Dengan menggunakan slider, kita lebih fleksibel dalam melakukan
pemasukan nilai data karena kita dapat mengatur sendiri nilai max, nilai min,
serta sliderstep.
Pop Up Menu
Pop Up menu berguna menampilkan
daftar pilihan yang didefinisikan pada String Propoerty ketika mengklik tanda
panah pada aplikasi dan memiliki fungsi yang sama seperti radio button. Ketika
tida dibukak, popup menu hanya menampilkan satu item yang menjadi pilihan
pertama pada String Property. Popupmenu sangat bermanfaat ketika kita ingin
memberi sebuah pilihan tanpa jarak, tidak seperti radiobutton.
Axes
Axes berguna untuk menampilkan
sebuah grafik atau gambar (image). Axes sebenarnya tidak masuk dalam UIControl,
tetapi axes dapat deprogram agar pemakai dapat berinteraksi dengan axes dan
obyek grafik yang ditampilkan melalui axes.
Komponen Komponen Tools Pada Netbeans Swing Containers
No. |
Tools |
Fungsi |
1. |
Panel |
Untuk mengelompokkan komponen-komponen. |
2. |
Split Pane |
Menampilkan dua komponen dalam ruang
yang tetap, memungkinkn user untuk menentukan ukuran ruang yang dipilih untuk
setiap komponen. |
3. |
Tool Bar |
Sebagai tempat untuk menampilkan
tool-tool yang bertujuan mempermudah user dalam mengoperasikan beberapa
tool-tool yang mungkin sering digunakan. |
4. |
Internal Frame |
Merupakan frame internal (di dalam frame
utama). membuat banyak window (multi-window) di dalam satu frame. |
5. |
Tabbed Pane |
Membuat frame yang terdiri dari tab-tab
yang bisa dipilih oleh user. |
6. |
Scroll Pane |
Menyediakan scroll bar di sekeliling
perubahan ukuran komponen. |
7. |
Desktop Pane |
|
8. |
Layered Pane |
Menyediakan tiga lapis dimensi untuk
memposisikan komponen. |
Swing
Controls
No. |
Tools |
Fungsi |
1. |
Label |
Untuk memberikan keterangan tambahan
atau indentitas pada tombol atau perintah lainnya. |
2. |
Toggle Button |
Button yang selalu berada dalam salah
satu dari dua kondisi. Setiap klik pada button akan merubah dari kondisi satu
ke kondisi lainnya. |
3. |
Radio Button |
Untuk meminta user agar memilih satu
dari lebih dua pilihan, contoh penggunaannya adalah ketika kita mengisi data
diri untuk pilihan jenis kelamin. |
4. |
Combo box |
Berfungsi untuk menyisipkan beberapa
pilihan / perintah, sehingga dengan Combo Box ini lebih menghemat tempat,
karena dalam Combo Box ini terdiri dari beberapa pilihan. |
5. |
Text Field |
Untuk membuat kolom agar kelak bisa
diisi perintah-perintah teks atau angka oleh user, semisal pada pembuatan aplikasi
kalkulator “text field” berfungsi menampilkan hasil dari hitungan kalkulator
tersebut. |
6. |
Scroll Bar |
Untuk menggeser jendela (windows) secara
vertikal. |
7. |
Progress Bar |
Digunakan untuk menampilkan status
proses. |
8. |
Password Field |
Tempat untuk mengisikan password yang
kita miliki. |
9. |
Separator |
Berfungsi sebagai “sekat” atau pemisah
antar garis yang ada pada aplikasi atau software yang nantinya akan dibuat. |
10. |
Editor Pane |
Sebuah panel yang digunakan untuk
mengedit tulisan. |
11. |
Tabel |
Menampilkan atau menyisipkan tabel pada
aplikasi yang nantinya akan kita buat. |
12. |
Button |
Kontrol yang tampil pada layar dengan
bentuk tertentu yang mirip dengan tombol persegi panjang dengan tulisan di
tengahnya. |
13. |
Check Box |
Memilih lebih dai satu pilihan, dengan
menyimpan data dan akan menampilkannya ketika di klik. |
14. |
Button Group |
Untuk menggabungkan seluruh button
supaya menjadi satu kesatuan fungsi. |
15. |
List |
Untuk menampilkan beberapa item. |
16. |
Text area |
Tempat mengetikkan tulisan yang berada
dalam kotak yang mempunyai fungsi scroll. |
17. |
Slider |
Berfungsi sebagai visualisasi proses
perjalanan dari sebuah musik atau video. |
18. |
Formatted Field |
|
19. |
Spinner |
Berisi angka yang diletakkan secara
ringkas atau berupa daftar, ketika kita membutuhkan angka lebih kecil, kita
tinggal klik tanda panah sampai muncul angka
yang kita inginkan, atau sebaliknya misalkan kita butuh angka lebih besar
klik tanda panah sampai muncul angka yang kita inginkan. |
20. |
Text pane |
Menampilkan teks dan membolehkan user
untuk mengeditnya. |
21. |
Tree |
Menampilkan data dalam bentuk hirarkis. |
Swing Menus
No. |
Tools |
Fungsi |
1. |
Menu Bar |
Untuk menciptakan tab-tab menu yang
nantinya dipergunakan untuk perintah menu yang diinginkan. |
2. |
Menu |
Membentuk perintah menu yang masih bisa
dilanjutkan ke menu yang lebih khusus. |
3. |
Menu Item |
Berisi perintah-perintah spesifik yang
ada dalam menu bar, sehingga perintah-perintah pada menu item lebih khusus. |
4. |
Menu Item/CheckBox |
Memberi tanda (V) pada menu perintah
tertentu supaya komputer melakukan seperti apa yang kita perintahkan. |
5. |
Menu Item/Radio Button |
Untuk melakukan rating atau survey
sesuatu alamat website atau digunakan pada perintah pemilihan halaman cetakan
pada printer. |
6. |
Popup Menu |
Menu yang akan tampil secara otomatis
atau apabila kita menggerakkan kursor mouse pada area tertentu, biasanya
berisi tentang informasi suatu obyek/icon/menu. |
7. |
Separator |
Berfungsi sebagai “sekat” atau pemisah
antar garis yang ada pada aplikasi atau software yang nantinya akan dibuat. |
Comments
Post a Comment